Headlines News :

POPULAR POST

10 Distro Linux Yang Cocok Untuk Server

Seperti yang para pembaca Artikel ketahui,Bahwa Linux adalah sistem operasi yang merupakan sistem operasi open source yang diciptakan dari kernel buatan linus torvalds dibantu dengan pengembangan perangkat lunak gratis dari FSF (Free Software Foundatiion) milik richard stallman.

Linux seperti yang kita bersama ketahui sangat handal,gratis,ringan dan tentunya paling cocok jika dijadikan sebagai sistem operasi yang menunjang server,karena unggul dari segi keamanan,biaya pemeliharaan yang mudah,dan tentunya biaya penggunaanya free alias gratis.


Adapun List Distro Linux Server Yang akan kita bahas Yaitu :


1. Ubuntu

Ubuntu merupakan distro linux yang berbasis Debian berada dalam kelas dengan sendirinya. Ini melampaui semua distro lain dari segi instalasinya yang sederhana dan dibantu dengan dukungan kinerja hardware yang sangat baik untuk kebutuhan komersial kelas dunia,dan tentunya ubuntu juga menjadi pilihan dalam membuat sebuah server jaringan.

2. Red Hat

Red Hat Enterprise Linux (RHEL) adalah sebuah perusahaan Linux kecil yang sekarang menjadi kekuatan utama dalam upaya untuk rackspace data center. Dan Redhat ini banyak dijadikan pilihan untuk dibuat menjadi server meskipun ada beberapa paket yang memerlukan biaya untuk memilikinya.

3. SUSE

SUSE Linux adalah distro milik novell suse linux juga dijadikan pilihan yang tidak kalah dari distro lainnya,dan banyak juga yang tidak tanggung tanggung untuk memilih suse sebagai os pribadi maupun server

4. Mandriva

Mandriva adalah sistem operasi linux server yang mungkin agak asing. linux ini berasal dari Perancis dan klaim penerimaan ekstrim di Eropa dan Amerika Selatan. Hal ini, seperti klaim situsnya, penyedia Linux di seluruh dunia. Namanya dan konstruksinya berasal dari Mandrake Linux dan Connectiva distribusi Linux.

5. Xandros

Jika Anda lebih memilih distribusi Linux dengan koneksi Microsoft, Xandros adalah satu pilihan yang tepat untuk Anda. Rumor mengenai, Xandros dan Microsoft berkolaborasi dalam apa yang dikenal di kalangan teknis sebagai "cooperatition." Ini berarti bahwa mereka bersaing secara kooperatif.

6. Slackware

Slackware yang meruapakan distro milik Patrick Volkerding adalah salah satu sistem operasi yang free atau gratis Meskipun tidak umumnya terkait dengan distribusi komersial, Slackware mempertahankan hubungan dengan beberapa perusahaan yang memberikan dukungan fee-based. Salah satu distro awal yang tersedia, Slackware memiliki basis penggemar yang luas dan setia. Pengembang secara teratur merilis versi baru dan keunggulan fitur di tiap perbaharuannya.

7. Debian

Debian adalah sistem operasi yang tidak memiliki dukungan komersial formal, tetapi Anda dapat terhubung dengan konsultan Debian-savvy di seluruh dunia melalui halaman Konsultan mereka. Debian telah melahirkan anak distribusi lebih dari distribusi linux lainnya, seperti Ubuntu, Linux Mint dan Vyatta.

8. Vyatta

Linux Vyatta memiliki kelelebih dalam pengaturan router dan firewall dari sistem berbasis PC tetapi jika Anda ingin distribusi komersial-driven untuk aplikasi tersebut, Vyatta bekerja dengan baik untuk kebutuhan pada media komunikasi dan tentunya sangat aman dan terjangkau. Vyatta Linux Juga memiliki versi gratis.

9. CentOS

Memang benar bahwa CentOS tidak sepenuhnya komersial tetapi karena didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux, Anda dapat memanfaatkan dukungan komersial untuk itu. CentOS memiliki repositori sendiri dan dukungan masyarakat dan tidak sama dengan Fedora Linux.

10. Unbreakable Linux


Oracle Unbreakable Linux Red Hat Enterprise Linux dengan beberapa logo Oracle dan seni. Oracle bersaing langsung dengan Red Hat dengan distribusi dan cukup efektif, karena dukungan dibeli melalui Oracle adalah setengah harga dari model setara Red Hat.

Arsitektur Server Facebook

Facebook kian lama kian digemari dan mempunyai banyak member. Padal bulan maret 2008 saja telah terjadi traffic data sebesar 200GB perhari. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana caranya server yang dimiliki oleh facebook dapat melayani itu semua. Dalam bab ini akan dibahas mengenai trik dari facebook untuk membuat server mereka mampu melayani jutaan pengguna facebook.
Untuk sebuah sistem jejaring sosial, yang diperlukan adalah kenyamanan dalam penggunaan. Selain itu pelayanan yang bagus serta murah bahkan gratis (tidak dipungut biaya ketika mendaftar maupun menggunakan layanan) merupakan senjata ampuh yang digunakan facebook untuk menarik jutaan pengguna(300 juta).
1.1  Cara Optimalisasi transfer data.
Pertanyaan yang akan timbul setelah membaca ulasan diatas adalah bagai mana facebook menjaga servernya agar tidak down?. Jawabannya akan sangat banyak, karena facebook mempunyai berbagai cara untuk melayani ratusan juta penggunanya. Caranya dengan jumlah server, cache, dan hadoop hive, dll. Dibawah ini akan dijelaskan semua (tetapi yang paling ditonjolkan adalah penggunaan hadoop/hive). Penjelasan caranya adalah sepertti dibawah ini. adalah:
a. Jumlah server
Cara yang paling dasar dan wajib dilakukan adalah dengan membangun sebanyak mungkin sub server yang melayani sejumlah 300an juta pengguna sehingga beban server utama dapat dikurangi. Secara logika ini akan mudah tetapi tidak murah. Untuk saat ini facebook mempunyai jumlah server hampir 30.000 unit server. Tapi cara ini dirasa kurang efisien karena membutuhkan biaya yang sangat mahal untuk membangun server baru.
Photobucket
Gambar Server yang Dimiliki Facebook
b. Cache
Cara kedua adalah dengan membuat cache data. Yaitu dengan software semacam hash yang dapat menyimpan data (string, integer, object,dll) didalam RAM sehingga data dapat cepat terproses. Tapi cara inin juga akan timbul masalah ketika kapasitas ruang cache yang tidak akan mencukupi ketika traffic yang ada terlalu tingi. Gambarannya adalah seperti dibawah ini.
Photobucket
c. Hive and Hadoop
Setelah solusi diatas dikemukakan, maka dirasa kurang efisien untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Kemudian pihak facebook mencoba untuk mencari cara yang efisien, murah dan efektif untuk melayani traffic data. Caranya adalah menggunakan Hadoop dan Hive. Hadoop dan Hive  adalah sebuah sistem yang biasanya digunakan untuk melayani traffic skala petabyte data.
Sebuah hadoop mempunyai beberapa keunggulan yaitu:
a. Superior didalam memanage(manageability), melakukan penyekalaan (scalability), ketersediaan (availibility)
b. Efisien dengan tidak membutuhkan banyak hardware.
c. Kemampuan untuk menskala data (memecah mecah data)
Kekurangannya
a.  Map-reduce sulit  diprogram (tidak seperti sql, phyton,dll)
b. Membutuhkan skema yang jelas  untuk mempublish data
Jelas sekali penggunaan hadoop ini mutlak digunakan karena dapat memangae, memilah milah data dengan meminimalisir hardware sehingga sangat efisien bila digunakan untuk traffic dengan skala data petabyte. Tetapi masih ada kekurangan yang dapat dilihat pada pemaparan sebelumnya. Makanya diperlukan Hive untuk mendukung sistem hadoop. Hive adalah sistem untuk memanage dan men query (mengantrikan) data yang dibuat diatas sistem hadoop. Untuk membuat kedua sistem ini sinkron maka digunakanlah SQL untuk alat penyimpanan data yang familiar.Dan yang perlu sipehatikan adalah tipe data yang biasanya digunakan, atau fungsi/scrip/format dari data itu sendiri . Cara ini digunakan untuk meningkatkan performa dari server itu sendiri (mempermudah server). Untuk mengetahui lebih lanjut penggunaan hadoop/hive sistem lebih lanjut akan dijelaskan pada bagian traffic data dibawah ini.
1.2  Traffic Data Pada Facebook
Cara cara diatas semua dilakukan oleh facebook untuk mengatisipasi trafic data dari facebook yang sangat besar. Sehingga selain cara diatas juga harus dilakukan atau dibuat sebuah architekture yang bagus sehingga kenyamanan dalam pengiriman data dilakukan dengan baik. Berikut ini akan ditampilkan gambaran aliran data pada facebook.
  • Photobucket
    Secara umum dapat digambarkan bahwa data yang dikirim oleh user langsung diterima oleh server kemudian melalui scribe MidTier, lalu menuju filler yang nantinya masuk ke hive hadoop cluster bersama scribe hadoop cluster dengan menggunakan Mysql dan disimpan didalam adhoc hive hadoop cluster maupun oracle RAC.
    Dengan menggunakan cara seperi diataslah facebook dapat digunakan dengan nyaman karena traffic data dapat difasilitasi dengan baik dengan metode hive-hadoop, dengan pengclusteran data menggunakan mysql yang kemudian diubah ke ORACLE.
    Beberapa penjelasan mengenai diagram diatas adalah sebgai berikut:
    a. Scribe & hadoop cluster pada Fcebook
    Scribe & hadoop cluster digunakan untuk meng-log data dari web server. Dan cluster ditempatkan dengan webserver. Setiap cluster mempunyai 50 node. Statistik dari data yang di log perhari adalah 2TB perhari dan 99% data akan tersedia dalam 20 detik.
    b. Hadoop/hive cluster
    Hadoop/hive cluster ini memiliki :
    - 8400 core
    - Kapasitas RAW12.5PB
    - 8core+12TB per node
    - 32GB RAM tiap node
    - Didalam topologi level jaringan mempunyai kecepatan 1Gbit/sec dari node ke rack switch dan 4 Gbit/sec ke level tertinggi dari rack switch.
    Mempunyai 2 macam cluster dimana satu untuk adhoc user dan satu untuk SLA jobs.
    1.3  Penggunaan Hive-Hadoop
    Statistik menunjukkan bahwa 12 TB data baru terkompresi setiap hari, 135TB data scan terkompresi tiap hari dan 7000 lebih Hive jobs perhari.
    Dengan begitu maka Hive mencoba memudahkan hadoop. Facebokk melakukannya  dengan mengerahkan 200 orang perhari untuk mengurusi jobs pada hadoop/hive, mengerahkan engineer baru untuk mengembangka hive, dan menganalisis hadoop melalui hive.
    Bahasa yang digunakan  dalam hive adalh SQL dengan meliputi tipe data integer, float, sting, bolean. Sistem ini juga menggunakan sistem Hash sebagai pemercepat  transfer data.
    Beberapa angota pengguna hive selain facebook adalah cnet, digg, chitika, bizo,g rooveshark, hi5, last.fm dll.
  • Asal Mula Terbentuknya Facebook

    asal mula Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu mahasiswa semester II Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling “hot”. Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.1
    Saking nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan). Atas tindakannya itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya, namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs serupa”.

    2004
    Tidak kapok, pada semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL:..http://www.thefacebook.com.. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.2

    Saat pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes.

    Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D'Angelo dan Sean Parker.

    Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari
    salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.

    2005
    Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.

    Pada tahun 2005 ini juga, facebook telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di tahun yang sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.

    2006
    Awal tahun 2006, Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750 juta, bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini tak terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners. Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan tahun, gilliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006, Facebook merubah status registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia.

    2007
    Bulan September 2007, Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google, Viacom, Friendster juga mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook.

    2008
    Pada Agustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar

    Situasi Situs
    Pengguna Facebook kini dapat bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur berdasarkan kota, lokasi kerja, sekolah maupun negara. Jaringan-jaringan ini kemudian akan menghubungkan para anggotanya. Sesama pengguna dapat berhubungan dengan teman-temannya dan bisa saling melihat isi profil pribadi.

    Situs Facebook mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan yang terpasang padanya. Para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa berisi foto dan info-info pribadi lainnya. Selain itu dapat juga saling mengirim pesan, bergabung dengan sebuah grup atau lebih. Secara default, Facebook mengatur profil pengguna hanya bisa diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman. Namun pengaturan ini bisa nanti dirubah jika diinginkan.

    Microsoft adalah mitra eksklusif Facebook dalam menayangkan iklan-iklan banner. Inilah sebabnya mengapa Facebook hanya menayang iklan-iklan yang termuat dalam jaringannya Microsoft. Menurut comScore (situs periset internet marketing) saat ini Facebook mengumpul data pengguna sebanyak yang dikumpulkan oleh Google dan Microsoft.

    Dalam hal tampilan, Facebook sering dibanding-bandingkan dengan MySpace dan Friendster. Namun perbedaaan utama antara mereka ialah MySpace dan Friendster mengizinkan pengguna mendekorasi tampilan profilnya dengan fitur HTML dan CSS, sedangkan Facebook hanya mengizinkan fitur teks saja sehingga semua tampilan profil pengguna terlihat seragam.

    Fitur
    Facebook memiliki sejumlah fitur interaksi antar sesama pengguna yang di antaranya adalah fitur ‘Wall/Dinding’, ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka, ‘Poke/Colek’, sarana untuk saling mencolek secara virtual, ‘Photos/Foto’ ruang untuk memasang foto, dan ‘Status’ yang menampilkan kondisi/ide terkini pengguna. Mulai Juli 2007, Facebook mengizinkan pengguna untuk mengirim berbagai lampiran (tautan, aplikasi, dsb) langsung ke Wall/Dinding, di mana sebelumnya yang diizinkan hanya teks saja.

    Seiring perjalanan waktu, Facebook menambahkan beberapa fitur baru ke dalam situsnya. Pada September 2006, Facebook mengumumkan peluncuran News Feed/Rangkaian Kabar Berita yang berisi kilasan informasi dari masing-masing pengguna. Mulanya fitur ini bersifat terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja. Namun setelah mendapat keluhan dari beberapa pengguna, pihak Facebook merubah pengaturan fitur ini sehingga kini pengguna dapat mengatur mana yang bisa ditampilkan di News Feed/Rangkaian Kabar Berita dan mana yang tidak.

    Fitur Catatan/Notes ditambahkan pada 22 Agustus 2006. Dalam fitur ini pengguna bisa mengimpor tulisannya di blog lain (Xanga, LiveJournal, Blogger, dll) untuk ditampilkan di Facebook. Tanggal 7 April 2008, Facebook meluncurkan salah satu fitur favorit yaitu ‘Chat/Obrolan’, tempat di mana para pengguna bisa saling berkirim pesan pribadi secara langsung dan real time.

    Fitur ‘Gifts/Hadiah’ dimulai pada 8 Februari 2007. Fitur ini adalah fitur untuk saling berkirim hadiah. ‘Hadiah’ bisa dibeli dengan harga USD 1 dan ditambahkan pesan pribadi. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook memperkenalkan ‘Marketplace’ yang mengizinkan pengguna untuk beriklan secara gratis. Fitur beriklan gratis ini dibuat untuk menyaingi fitur serupa yang diperkenalkan oleh Craiglist.

    Juli 2008, Facebook merapikan tampilan situs sehingga setiap kategori (dinding, info, foto, dll) memiliki tab-tab terpisah. Mulai Maret 2009, Facebook merapikan tampilan “Home/Beranda”.

    Platform
    Pada 24 Mei 2007, Facebook mempromosikan Facebook Platform. Ini adalah sarana bagi para pengembang software untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan di Facebook. Langkah ini segera disambut oleh para pengembang software sehingga sampai 25 Maret 2009 tercatat ada 52.000 aplikasi dengan jumlah pengembang sebanyak 660.000 pihak.

    Master Reset Ponsel China


    Thumbs up Chinese all phone CODE
    *#66*# Set Factory Mode CONFIRMED
    *#8375# Show Software Version CONFIRMED
    *#1234# A2DP ACP Mode CONFIRMED
    *#1234# A2DP INT Mode CONFIRMED
    *#0000# + Send : Set Default Language CONFIRMED
    *#0007# + Send : Set Language to Russian CONFIRMED
    *#0033# + Send : Set Language to French CONFIRMED
    *#0034# + Send : Set Language to Spanish CONFIRMED
    *#0039# + Send : Set Language to Italian CONFIRMED
    *#0044# + Send : Set Language to English CONFIRMED
    *#0049# + Send : Set Language to German CONFIRMED
    *#0066# + Send : Set Language to Thai CONFIRMED
    *#0084# + Send : Set Language to Vietnamese CONFIRMED
    *#0966# + Send : Set Language to Arabic CONFIRMED
    More some codes for reset mobile china
    *#881188#
    *#94267357#
    *#9426*357#
    *#19912006#
    *#118811#
    *#3646633#
    I-mobile Inno30, 55, 89, 90, 99, 100, A10, A20, P10, Vk200
    - Set full factory *741*737381#
    - Set full factory *741*7373868#
    - Set full factory *741*2878#
    - Set Engineer Mode *888*888#
    - Check software version *888*837#
    I-mobile 100 ,200 , 313
    - Check software version #*888#
    I-mobile 309, 310
    - Check software version *0*4636#
    - Test Mode *0*6268#
    I-mobile 311
    - Check software version #*878#
    I-mobile 511
    - Check software version *1222*1#
    I-mobile 301, 302,308, 508, 601, 602, 603, 604, 606, 611, 901, 902
    - Check software version *#159#
    - Set Factory Mode *#32787#
    - Set Engineer Mode *#3646633#
    I-mobile 503, 506, 605, 600, 607, 608
    - Set Engineer Mode ***503#
    - Set Factory Mode ***504#
    - Set Auto Test ***505#
    I-mobile 509, 612
    - Set Factory Mode *#66*#
    I-mobile 504, 505, 803
    - Check software version *68*48#
    - Set full factory *789#
    - Test Mode *#789#
    I-mobile 305, 306, 315, 510, 609, 609i,516
    - Check software version *#8375#
    - Set Factory Mode 878
    I-mobile 610
    - Check software version *#22#
    I-mobile J101, J102
    - Test Mode *23638777*783781#
    I-mobile 502, 502i, 505, k9, 802
    - Check software version *201206*4636#
    CHINESE MODELS:
    default user code: 1122, 3344, 1234, 5678
    Engineer mode: *#110*01#
    Factory mode: *#987#
    Enable COM port: *#110*01# -> Device -> Set UART -> PS Config -> UART1/115200
    Restore factory settings: *#987*99#
    LCD contrast: *#369#
    software version: *#800#
    software version: *#900#
    set default language: *#0000# Send
    set English language: *#0044# Send
    set English language (new firmware): *#001# Send
    Service codes BenQ:
    software version: *#300#
    test mode: *#302*20040615#
    Service codes Pantech:
    software version: *01763*79837#
    service menu: *01763*476#
    reset defaults (phone/user code reset to default): *01763*737381#
    Service codes 3xx, 5xx:
    software version: *#79#
    software version: *#837#
    Service codes VK200, VK2000, VK2010, VK2020, VK4000:
    software version: *#79#
    service menu: *#9998*8336# (hold #)
    reset defaults (phone/user code reset to default): *#9998*7328# (hold #)
    Service codes LG:
    software version: 2945#*#
    Service codes Sony-Ericsson:
    J100 software version: #82#
    Service codes Fly:
    2040(i) reset defaults: *#987*99# Send
    MX200 reset defaults: *#987*99# Send
    MX200 software version: *#900# Send
    SL300m reset defaults: *#987*99# Send
    SL300m software version: *#900# Send
    SL500m reset defaults: *#987*99# Send
    SL500m software version: *#900# Send
    MP500 reset defaults: *#987*99# Send
    MP500 software version: *#900# Send
    Set language to English: *#0044#
    Set language to Russian: *#0007#
    Service codes Konka:
    C926 software version: *320# Send
    C926 set default language: *#0000# Send
    C926 set English language: *#0044# Send
    Service codes GStar:
    GM208 (Chinese Nokea 6230+) engineering menu: *#66*#
    Set language to English: *#0044#
    Set language to Russian: *#0007#
    Service codes Motorola:
    Motofone F3 software version: **9999* Send
    C113, C114, C115, C115i, C116, C117, C118 software version: #02#*
    C138, C139, C140 software version: #02#*
    C155, C156, C157 software version: #02#*
    C257, C261 software version: #02#*
    V171, V172, V173 software version: #02#*
    V175, V176, V176 software version: #02#*
    C168, W220 software version: *#**837#
    W208, W375 software version: #02#*
    ZTE Mobile :
    1- *938*737381#
    2- PHONE WILL DIPLAYED DONE
    3- POWER OFF YOUR PHONE AND POWER ON AGAIN
    Alcatel E205 :
    unlocking phone code,only press***847# without simcard
    E900
    software version: *#5002*8376263#
    full reset: *2767*3855#
    Service codes Spice:
    S404 enable COM port: *#42253646633# -> Device -> Set UART -> PS -> UART1/115200
    S410 engineer mode: *#3646633#
    S900 software version: *#8375#
    S900 serial no: *#33778#
    Service codes Philips:
    S200 enable COM port: *#3338913# -> Device -> Set UART -> PS -> UART1/115200

    squid.conf dan storeurl.pl terbaru untuk cache youtube 2013
















     langkah-langkah :
    1. apt-get install libfile-readbackwards-perl

    2. edit squid.conf dan sisipkan :


    strip_query_terms off
    acl yutub dstdomain .youtube.com .youtu.be
    logformat squid1 %{Referer}>h %ru
    access_log /var/log/squid/access.log squid1 yutub
    acl redirec urlpath_regex -i &redirect_counter=1&cms_redirect=yes &ir=1&rr=12
    cache deny redirec
    storeurl_access deny redirec
    acl reddeny url_regex -i c\.youtube\.com\/videoplayback.*redirect_counter=1.*$
    acl reddeny url_regex -i c\.youtube\.com\/videoplayback.*cms_redirect=yes.*$
    storeurl_access deny reddeny
    acl dontrewrite url_regex redbot\.org \.php
    acl getmethod method GET

    3. edit storeurl.pl dan sisipkan :

    } elsif ($X[1] =~ m/^http\:\/\/.*(youtube|google).*videoplayback.*/){
            sleep(2);
            @itag = m/[&?](itag=[0-9]*)/;
            @CPN = m/[&?]cpn\=([a-zA-Z0-9\-\_]*)/;
            @IDS = m/[&?]id\=([a-zA-Z0-9\-\_]*)/;
            $id = &GetID($CPN[0], $IDS[0]);
            @range = m/[&?](range=[^\&\s]*)/;
            print $x . "http://video-srv.youtube.com.SQUIDINTERNAL/id=" . $id . "&@itag@range\n";


    dan paling  bawah setelah if paling terakhir tambahkan :
    sub GetID
    {
    use File::ReadBackwards;
    my $lim = 200 ;
    my $ref_log = File::ReadBackwards->new('/var/log/squid/access.log');
    while (defined($line = $ref_log->readline))
    {
    if ($line =~ m/.*youtube.*\/watch\?.*v=([a-zA-Z0-9\-\_]*).*\s.*id=$IDS[0].*/){
    $id = $1;
    last;
    }
    if ($line =~ m/.*youtube.*\/.*cpn=$CPN[0].*[&](video_id|docid|v)=([a-zA-Z0-9\-\_]*).*/){
    $id = $2;
    last;
    }
    if ($line =~ m/.*youtube.*\/.*[&?](video_id|docid|v)=([a-zA-Z0-9\-\_]*).*cpn=$CPN[0].*/){
    $id = $2;
    last;
    }
    last if --$lim <= 0;
    }
    if ($id eq ''){
    $id = $CPN[0];
    }
    $ref_log->close();
    return $id;
    }
     
    Copyright © 2011. COMASTNET - All Rights Reserved