Headlines News :
Home » , , » Pengenalan Komputer Server

Pengenalan Komputer Server

Written By Unknown on Sunday, August 2, 2015 | 9:00 AM

Pertanyaan Apa Itu Komputer Server? mungkin itu pertannyaan yang lazim bagi seorang yang belum tahu tentang istilah server. Dan tahukan Anda Anda apakah sebenarnya pengertian komputer server?. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada anda semua tentang Pengertian Komputer Server, khususnya bagi yang belum begitu mengerti tentang apa itu komputer server. Namun alangkah lebih utama jika Anda mengetahuia terlebih dahulu apa itu server, sebelum melangkah ke pembahasan yang lebih jauh lagi tentang Pengertian Komputer Server, apa saja jenis-jenis server, dan apa fungsi server sebenarnya. Nah, dengan demikian marilah kita bahas bersama tentang Pengertian Komputer Server dengan artikel ini.


Pengertian komputer
Ilustrasi komputer server IBM

Spesifikasi Komputer Server


Pada zaman sekarang ini siapa yang belum tahu atau mengenal yang namanya komputer, paling tidak seseorang pasti sudah pernah dengar yang namanya komputer. Dan saya yakin Anda yang berhasil menemukan artikel ini sudah barang tentu sangat familier dengan yang namanya komputer. Arti komputer sebenarnya memang cukup luas, jadi jangan salah bahwa sebenarnya yang namanya smartphone yang iasa dipakai oleh banyak orang pada era sekarang ini, itu juga merupakan sebuah penjelmaan dari komputer dalam ujud yang lain, disini komputer telah digabung dengan alat baru yang namanya ponsel, maka jadilah smartphone tersebut. Pada smartphone kebanyakan didalamnya juga mempunyai komponen-komponen dengan fungsi dan sistem kerja myang sebenarnya sama dengan komponen-komponen yang ada di komputer desktop atau PC (personal computer).

Nah saya fikir pembahasan tentang Pengertian Komputer Server akan saya bahas mulai dari sini saja, yaitu mulai dari pengenalan spesifikasi komputer server, dengan maksud agar pembahasan lebih cepat.

Sebuah komputer jenis apapun pastinya memiliki spesifikasi tertentu, yang hal tersebut membuat nilai dan  harga sebuah komputer menjadi berbeda dengan komputer yang lain dengan spesifikasi yang juga berbeda. Sama halnya komputer server pasti juga memiliki spesifikasi tersendiri, yang tentunya berbeda dengan spesifikasi komputer biasa. Lalu seperti apa spesifikasi komputer server itu? Pertanyaan semacam ini masih terlalu luas jawabannya. Jawabannya ya tergantung, tergantung server apa? atau digunakan untuk apa? karena setiap server pastinya memiliki kegunaan dan tujuan sendiri-sendiri dan itu banyak sekali jenis menurut orientasinya.

Dan ternyata cukup banyak peruntukkan komputer server tersebut seperti server game online, server warnet, server data kantor, hosting server, server pulsa, web server atau bahkan hanya sekedar server printer dan lain sebagainya. Namun yang menjadi kesamaan antara komputer server satu dengan lainnya adalah kesamaan dalam kemampuan kinerja yang lebih tinggi dari komputer yang bukan server. Mungkin itu baru tahap awal tentang pengertian komputer server yang sebenarnya.

Komputer server dan client
komputer server dan client


Berikut umumnya syarat spesifikasi komputer server yang harus dipenuhi oleh sebuah komputer server:

  • mampu menyala dalam waktu yang lama tanpa dimatikan.
  • kemudahan dalam perbaikan serta perawatan.
  • memiliki batas kerja maksimum jauh diatas kemampuan komputer bukan server.
  • kompatible dengan software server yang handal.

Masa aktif nyala sebuah komputer server sangat tinggi, maka dari itu sebuah komputter server biasanya akan selalu menyala dalam waktu yang lama tanpa dimatikan, bahkan terkadang saat perawatan sekalipun. Misalnya sebuah komputer server untuk web server atau disebut hosting server, akan selalu menyala dalam waktu yang sangat lama. Karena hosting server tersebut akan selalu diakses oleh banyak orang bahkan orang darisegala penjuru sedunia bisa saja mengaksesnya. Jika sampai hosting server tersebut mati, maka yang terjadi data website didalamnya tidak dapat diakses oleh orang yang ingin membuka website tersebut, dan ini akan merugikan bagi pemilik website tersebut ataupun orang yang berkepentingan dengannya. Makanya sebuah komputer web server haruslah terus menyala. Makanya tidaklah mengheran jika harga server sangat tinggi. Hinga disini Pengertian Komputer Server, pastinya Anda sudah punya gambaran bukan?.

komputer server
Server HP ProLiant DL380pG8


Mari kita lanjutkan Pengertian Komputer Server ini. Berlanjut soal Hardware komputer server atau komponen komputer server. Sebuah komputer server harus memiliki daya tahan yang sangat baik. Setiap komponen komputer server dituntut memiliki kualitas yang terbaik, tahan terhadap kondisi panas yang dan dlam waktu yang lama, Olehkarenanay sebuah komputer server haruslah memiliki sistem pendingin yang baik. Dan biasanya ruangan untuk komputer server juga dibuat kusus dengan sistem pengendali suhu yang baik.

Komponen utama untuk komputer server sebenarnya sama saja dengan komponen komputer yang bukan server. Komponen utama tersebut adalah Processor, RAM, Mainboard, VGA, Harddisk, Powersupplay dan yang terakhir adalah Casing sebagai wadah dan pelindung semua komponen yang ada dan satu lagi komponen yang tidak dilupakan adalah Perangakat LAN untuk koneksi jaringan antara komputer server dengan komputer client. Nah sampai disini sudah tambah jelas Pengertian Komputer Server ini kan?

Sebelum lebuh jauh sebenarnya ada kata kunci untuk dapat dengan mudah dalam mempelajari Pengertian Komputer Server ini, kata kunci tersebut adalah komputer, hardware, software, server dan client.

Kita lanjutkan Pengertian Komputer Server ini. Untuk bab komponen selanjutnya disebut hardware, cukup banyak pilihan merek, kapasitas, kecepatan dan fungsi daripada masing masing hardware tersebut. Mulai hardware yang pertama adalah prosesor. Untuk itu setidaknya ada dua pemasok utama jenis hardwer yang satu ini, yaitu Intel dan AMD. Kedua Brand tersebut adalah pemain utama produsen mikroprosesor kususnya dalam urusan processor untuk CPU sever. Contohnya adalah Intel Xeon dan Intel Itanium yang termasuk dalam jajaran mikroprosesor Intel dengan implementasi arsitektur Intel Itanium (IA-64) yang terkenal. Prosesor Intel Xeon dan Intel Itanium ini diperuntukkan bagi kebutuhan enterprise server yang mungkin untuk database client server tingkat tinggi.

Intel mempublikasikan Prosesor Itanium pertama kali pada tahun 2001 dengan berkode Merced. Selain processor Intel alternatif yang lain adalah processor AMD, pada jajaran processor server AMD ada prosesor AMD Opteron yang juag diproyeksikan untuk Server semisal database server atau database client server atau web server dan juga untuk keperluan hosting server.

Untuk urusan sistem operasi dalam Pengertian Komputer Server ini, komputer server juga memiliki jenis sistem operasi dengan tingkat keamanan dan futur-fitur yang memamg diperuntukkan bagi komputer server, dan tentunya ini berbeda dari isitem operasi standar yang biasa kita gunakan. Contoh sisitem operasi yang dikhususkan untuk server adalah windows server yang seperti windows server 2008, windows server 2012 terbaru dan lainnya. Dan contoh yang lain ada linux server, misalnya debian server. Dan untuk keamanan dan ketahan dari seranagan virus kebanyakan pengembang server memilih linux server sebagai salah satu alternatif yang handal. Selain Linux memang terbukti lebih aman dan lebih flexibel sebagai sistem oprasi srver, sistem operasi Linux merupakan software OS opensource yang dapat dikembangkan ulang atau dimodifikasi lagi sesuai kebutuhan pengguna.

Selanjutnya masih tentang Pengertian Komputer Server, Untuk bab motherboard sebagai pendukung utama kerja komputer server, hardware yang satu ini juga memiliki spesifikasi yang khusus diperuntukkan bagi komputer server. Dan motherboard server sudah barang tentu harus mengikuti jenis procssor server yang digunakan, misalnya menggunakan processor xeon maka sbaiknay juga menggunakan motherboard Intel yang telah mendukung sepenuhnya processor xeon tersebut.Selain itu motherboard Intel sudah terkenal memiliki ketahanan yang tinggi sebagai motherboard komputer server.

Terakhir dan masih tentang Pengertian Komputer Server pada bab hardware komputer server, hal terpenting yang wajib diperhitungkan dengan baik sangat baik adlah masalah pendinginan komputer server. Hal ini berhubungan dengan pemilihan Casing server atau server case yang akan digunakan, serta tata ruang yang akan dipakai sebagai tempat server berada nantinya. Performa komputer server sangat dipengaruhi diantaraya suhu yang tetap mendukung konerja komputer server agar tetap bekerja dengan optimal.

Nah, barusan tadi adalah ulasan bab spesifikasi Komputer server, dan masih di pembahasan Pengertian Komputer Server. Tentunya sekarang Anda sudah dapat membedakan komputer server dengan komputer buasa, dari penjelasan pada bab spesifikasi Komputer server barusan, yang tentunya masih di Pengertian Komputer Server. Untuk mendapatkan komputer server Anda dapat membelinya dalam bentuk jadi baik pabrikan atau rakitan dari toko. Jika Anda memilih merakit sendiri maka justru Anda bisa membangun komputer server sesuai kebutuhan anda. Untuk komputer server brabded misalnya IBM System x3530M4-B7A, Lenovo System x3950 X6 untuk kelas enterprise dan Lenovo System x3500 M5 untuk jenis tower sever.

Untuk lebih jelasnya mari kita lihat perbandinga spesifikasi komputer server dengan spesifikasi komputer client atau komputer biasa pada umumnya.


Komputer  Server Enterprise

Lenovo System x3950 X6

Processor family

Intel Xeon E7-4800/8800 family

Number of processors

Up to eight processors / 120 cores per 8-socket server

Memory capacity

Up to 12.0 TB, 192 DIMMs using 64 GB LRDIMMs

Internal storage

Up to 30.8 TB of SAS/SATA storage, up to 12.8 TB of
memory-channel storage



Komputer Non server

HP Pavilion Touchsmart 22-2000d All-in-One

Processor Onboard

"Intel® Core i3-4160T Processor
(3.1GHz, 3M Cache)  

Memori Standar

4GB DDR3 

Hard Drive

1TB Serial ATA, 7200RPM 





Dari dua tabel spesifikasi komputer tersebut sudah cukup jelas perbedaannya atara komputer server dengan komputer non server. Maka dari Pengertian Komputer Server ini Anda pasti sudah dapat menarik kesimpulan sendiri.
peralatan jaringan komputer
Server IBM System X3100M5


Pengertian Komputer Server


Kembali pada bab Pengertian Komputer Server yang sebelumnya telah didahului dengan penjelasan tentang Spesifikasi komputer server. Komputer Server adalah sebuah komputer atau sisitem komputer yang terintegrasi guna menyediakan suatu layanan berupa data tertentu yang bisa diakses oleh komputer-komputer client yang terhubung dengannya dalam sebuah sistem jaringan. Sebuah komputer server harus memiliki prosesor yang handal dan berkemampuan tingi dan juga memiliki RAM dengan kapasitas yang besar yang dapat menampung sekian banyak proses yang berat. Sebuah sistem operasi khusus server dengan fasilitas kendali jaringan yang handal juga harus dimiliki oleh sebuah komputer server.

Fungsi Komputer Server Beserta Jenis-Jenisnya

Sepanjang perkembangan zaman yang memunculkan sekian banyak kebutuhan telah memacu para ilmuan teknologi untuk terus mengembangkan teknologi yang ada secara maksimal. Dalam Pengertian Komputer Server kali ini saya akan utarakan tentang Fungsi Komputer Server Beserta Jenis-Jenisnya, guna mendukung dalam penjelasan dan Pengertian Komputer Server ini.

Sesuai kebutuhan yang ada komputer server juga memiliki berbagai jenis berdasarkan keperluan manusia. Dan bebrapa jenis komputer server tersebut adalah seperti web server, hsting serve, database server, server aplikasi, dan proxy server serata masih ada lagi yang lainnya. Misalnya komputer Server aplikasi,  merupakan komputer server yang melayani menyimpan berbagai software aplikasi yang bisa diakses oleh komputer client, contohnya aplikasi perpajakan beacukai yang sering diakses oleh perusahaan jasa dokumen Expor Impor dan EMKL. Sedangkan Database Server merupakan komputer server yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data secara terpusat.

Sedangkan, proxy server adalah komputer server sebagai pengatur lalulintas jaringan melalui pengaturan dengan settingan yang ditentukan. Proxy Server atau Server proxy lebih dikenal sebagian beasr orang sebagai server penghubung antar jaringan Internet dan komputer yang kita pakai jika terkoneksi dengan internet. Ternyata Pengertian Komputer Server ini cukup luas untuk dibahas semuanya. Bahkan pada matakuliah dikampus dulu pelajaran tentang jaringan komputer dibahas hingga dua smester, karena saking panjangnya. 

Server-server berkelas tinggi pada umumnya dipakai oleh korporat atau perusahaan yang memiliki banyak anak cabang di berbagai kota dengan tempat yang berjauhan. Dan untuk jaringan yang cakupannya hingga antar kota dinamakan WAN (wide area Network), Sebagai contoh server yang paling sederhana adalah server admin pada Warnet-warnet yang sering kita jumpai.

Setelah cukup panjang lebar pembahasan pada bab Pengertian Komputer Server ini, mulai spesiifkasi komputer server, jenis-jenis server serta fungsi server telah saya ulas sebisanya. Semoga Anda tidak bingung dengan penjelasan tentang Pengertian Komputer Server diatas,

Secara singkat Pengertian Komputer Server dapat dijelaskan bahwa Komputer server adalah sebuah sistem komputer yang dikhususkan sebagai pusat pelyanan data yang selanjutnya disebut server. Misalkan pada sebuah kantro perusahaan yang besar, keberadaan komputer server umumnya dipakai sebagai media penyimpan segala data dari komputer client yang terus dapat terhubung kapanpun secara otomatis saat dibutuhkan maupun sedang idak dibutuhkan.

Keberadaan komputer server bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan pada suatu sistem di suatu tempat pekerjaan tertentu. Bayangkan jika kita bekerja disebuah perusahaan yang besar dengan kantor berlantai lima, maka ketika pada bagian staf kantor yang lain membutuhkan data yang kita kerjakan dan kebetulan berbeda lantai dengan kita, maka alangkah capeknya kita haru naik turun berkali-kali hanya untuk mengantarkan data tersebut. Dengan adanya sistem jaringan komputer yang dilengkapi dengan database server, semua pekerjaan atau dokumen yang kita olah tinggal kita simpan pada komputer server tersebut, jadi ketika oranglain membutuhkan data tersebut tidak perlulagi mondar-mandir dalam mengantar data. Cukup copy akses data tersebut dari komputer client orang bersangkutan.

Mengingat fungsi komputer server pada suatu sistem jaringan sangat vital, maka sebuah komputer server harus merupakan komputer yang memiliki kehandalan dan dapat melayani permintaan data dengan cepat dari komputer-komputer client yang terhubung kepadanya (komputer server). Semua komponen komputer sertver haruslah terdiri dari komponen dengan spesifikasiyang tinggi, Baik itu Processor, RAM, Harddisk, powersupplay dan piranti pendinginnya. Pada Pengertian Komputer Server ini juga telah saya selipkan contoh beberapa komputer server berbagai merek terkenal seperti ibm server, HP server dan ada juga Komputer server ZYREX buatan dalam negeri.

pengertian program komputer
SERVER HP

Daftar Harga Komputer Server Built-Up Terbaru

Dalam ulasan Pengertian Komputer Server kali ini saya juga ingin membagikan informasi bebrapa daftar harga komputer server built-up terbaru berupa komputer server IBM dan komputer server HP.
Daftar Harga Komputer Server IBM Terbaru

Spesifikasi dan Daftar Harga Komputer Server IBM

SERI

SPESIFIKASI

HARGA

IBM System x3530M4-B7A

Xeon E5-2407v2, 4GB
(1x 4GB) DDR3-1333 ECC, VGA Matrox G200eR2 16MB, 2x
GbE NIC, Rackmount 1U
Case

Rp 35,700,000

IBM System x3500M4-C5A

Xeon E5-2620v2, 8GB (1
x 8GB) DDR3-1600 ECC, VGA Matrox G200eR2 16MB, 4 x GbE NIC, Tower Case

Rp 38,400,000

IBM System X3250M5-B2A

Xeon E3-1220v3, 1x 4GB
DDR3 PC-12800 ECC UDIMM, VGA Matrox G200eR2 16MB,
2x GbE NIC, Rackmount 1U
Case

Rp 17,700,000

IBM System X3250M5-C4A

Xeon E3-1230v3, 1x 8GB
DDR3 PC-12800 ECC UDIMM, VGA Matrox G200eR2 16MB,
2x GbE NIC, Rackmount 1U
Case

Rp 23,400,000

IBM System X3650M4-B3A

Xeon E5-2609v2, 4GB
DDR3-1333 ECC RDIMM, VGA Matrox G200eR2, 4x GbE NIC, Rackmount 2U Case

Rp 43,600,000

IBM System X3650M4-C3A

Xeon E5-2620v2, 8GB
DDR3-1333 ECC RDIMM, VGA Matrox G200e, 4x GbE NIC, Rackmount 2U Case

Rp 47,200,000

IBM System X3100M5

Xeon E3-1220v3, 4GB
DDR3 PC-12800 ECC UDIMM, 1TB HDD SATA Simple Swap, SATA DVD-ROM, GbE NIC, Tower Case

Rp 15,800,000
Aplikasi program komputer
Server HP ProLiant ML310eG8 v2


Daftar Harga Komputer Server HP Terbaru

Spesifikasi Dan Harga Komputer Server HP

SERI

SPESIFIKASI

HARGA

Server HP ProLiant
DL380pG8-558 - Enterprise Server Rack 2 CPU HP ProLiant
DL380pG8

2 x Xeon E5-2650v2, 32GB (2x16GB)
RDIMM DDR3-1866, 2 Port 10GbE NIC, Rackmount 2U
Case

Rp 98,060,000

Server HP ProLiant
DL380pG8-107 - Enterprise Server Rack 2 CPU HP ProLiant
DL380pG8

Xeon E5-2640, 16GB (4x4GB) RDIMM
DDR3-1333, VGA Matrox G200 16MB, 4 Port 1GbE NIC, Rackmount 2U Case

Rp 56,350,000

Server HP ProLiant
DL380G9-687 - Enterprise Server Rack 2 CPU HP ProLiant
DL380G9

Xeon E5-2620v3, 16GB (1 x 16GB)
RDIMM DDR4-2133, 4 Port 1GbE NIC, Rackmount 2U Case

Rp 47,430,000

Server HP ProLiant
DL380pG8-120 - Enterprise Server Rack 2 CPU HP ProLiant
DL380pG8

Xeon E5-2620, 16GB (4x 4GB) RDIMM
DDR3-1333, VGA 16MB, 4 Port 1GbE NIC, Rackmount 2U
Case

Rp 46,600,000

Server HP ProLiant
DL380pG8-560 - Enterprise Server Rack 2 CPU HP ProLiant
DL380pG8

Xeon E5-2609v2, 4GB (1x 4GB)
DDR3-1600 RDIMM, VGA Matrox G200, 4x GbE NIC, Rackmount 2U Case

Rp 40,940,000

Server HP ProLiant
DL160G9-505 - Enterprise Server Rack 2 CPU HP ProLiant
DL160G9

Xeon E5-2609v3, 16GB (2 x 8GB)
RDIMM DDR4-2133, 2 Port 1GbE NIC, Rackmount 1U Case

Rp 36,730,000

Server HP ProLiant
DL180G9-453 - Enterprise Server Rack 2 CPU HP ProLiant
DL180G9

Xeon E5-2603v3, 8GB (1 x 8GB) RDIMM
DDR4-2133, 2 Port 1GbE NIC, Rackmount 2U Case

Rp 31,500,000

Server HP ProLiant
DL160G9-503 - Enterprise Server Rack 2 CPU HP ProLiant
DL160G9

Xeon E5-2603v3, 8GB (1 x 8GB) RDIMM
DDR4-2133, 2 Port 1GbE NIC, Rackmount 1U Case

Rp 29,057,600

Server HP ProLiant
ML350pG8-676 - Enterprise Server Tower 2 CPU HP ProLiant
ML350pG8

Xeon E5-2620, 2x 4GB RDIMM
DDR3-1333, DVD-ROM, GbE NIC, Tower Case

Rp 24,950,000

Server HP ProLiant
ML310eG8 v2 - 329

Xeon E3-1220v3, 4GB (1x 4GB)
PC3-12800E DDR3 UB ECC, 16x DVDROM, VGA Matrox G200
16MB, GbE NIC, Tower Case

Rp 16,380,000

Server HP ProLiant
ML10G8 Special Edition - 643

Xeon E3-1220v2, 4GB DDR3 12800, GbE NIC,HDD NHP 1TB, DVD ROM, Tower Case

Rp 12,780,000



Komputer Server - Komputer Server Zyrex



Komputer server Zyrex, merupakan salah satu komputer produk dalam Negeri yang ikut memeriahkan ramanya pasaran komputer ditanah Air. Komputer server buatan Zyrex ini memiliki kualitas yang cukup baik dan tidak kalah dengan komputer server buatan pabrikan lain. Kita ambil contoh disini komputer server buatan Zyrex yaitu Zyrex server MS-550 yang memiliki spesifikasi cukup mumpuni dengan berbbekal prosesor intel xeon quad core 5506 berkecepatan 2.1GHz, 4.8GT/s, 800 MHz.

komputer client
Komputer Server Zyrex X-301


Perangkat penyuplai daya dipercayakan kepada Power supply dengan daya 2 x 1000 w, siap melayani segala kebutuhan daya yang besar setiap saat. Kapasitas RAM yang besar sangat mendukung kinerja  komputer server Zyrex ini, yaitu RAM berkapasitas 4 GB DDR 3, Masih dilengkapi ruang memory dengan slot memori sebanyak 12 slot yang setara untuk 6 komputer biasa. Perangkat LAN yang digunakan adalah LAN berteknology 2 Giga ethernet.

Komputer server Zyrex MS-550 ini mendukung hampir semua sistem operasi server. Seperti microsoft windows server 2008, microsoft windows 2012 (server) dan yang lainya seperti linux debian server.

Server Zyrex lainnya ditawarkan berupaseri Zyrex X-301. Dengan dipersenjatai Prosesor intel core i-5 650 berkecepatan hingga 3,2Ghz, dengan Cache 4 MB. Memory bawaan 1 GB DDR3, upgrade hingga 16 GB DDR3. Power supply 400w. Chip grafis memakai intel 3420. Dengan hardisk bawaan sebesar 250 GB.

Dukungan Server essentials 3.0 dari intel juag dapat digunakan pada komputer server Zyrex X-301 ini. Plus sistem manajemen software hinga 3x. Komputer server dari Zyrex ini juga mendukung 6 jenis slot tambahan. Untuk koneksi jaringan dilengkapi dengan enthernet 2 x intel gigabite.

Selebihnya hannya mendukung OS microsoft windows server 2003, dan 2008, linux server, dan tidak mendukung sistem operasi Windows XP. Komputer server Zyrex X-301 ini berlaku garansi pemebelian selama 3 tahun resmi dari Zyrex.

Demikian tadi ulasan tentang Pengertian Komputer Server yang dapat saya  bagikan kepada para pembaca semuanya, semoga ulasan ini bermanfaat dan memberikan wawasan bagi Anda semuanya. 
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. COMASTNET - All Rights Reserved