Headlines News :
Home » , » Perbedaan Kabel jaringan LAN CAT5 dan CAT6

Perbedaan Kabel jaringan LAN CAT5 dan CAT6

Written By Unknown on Friday, September 14, 2012 | 4:55 PM

Kabel jaringan Kebanyakan UTP atau unshielded twisted pair. Kategori (atau CAT) nomor mengidentifikasi kabel jaringan UTP. Nomor kategori yang lebih tinggi umumnya mengacu pada kecepatan data yang lebih baik, standar produksi yang lebih tinggi dan kebisingan kabel lebih rendah. Pada 2010, Asosiasi Industri Telekomunikasi telah menerbitkan standar CAT5, CAT5e (ditingkatkan), CAT6 dan Cat6a (augmented) UTP kabel.

kabel Cat 6 dan Cat 5 menghubungkan komputer ke jaringan Ethernet. Konektor terlihat seperti konektor telepon lebar. Perbedaan antara Cat 6 dan Cat 5 kabel termasuk bandwidth, kecepatan, crosstalk dan kompatibilitas.
Perbedaan Kabel Lan CAT5 dan CAT6

Data Penilaian

Pernyataan data kecepatan UTP dalam megabit per detik, atau Mbps. Kategori 5 UTP kabel memiliki rating kecepatan data hingga 100 Mbps dan 5e kategori sampai dengan 1000 Mbps (atau satu gigabit). Kategori 6 adalah kompatibel dengan kecepatan data yang lebih lambat, dan dinilai untuk kecepatan sampai dengan 1000 Mbps. Penyedia layanan Internet menggunakan kategori 6a, yang memiliki rating kecepatan hingga 10 gigabit (atau 10.000 Mbps).


Konstruksi

Kategori 5 UTP memiliki empat pasang kawat twisted. Pengaruh memutar setiap pasang kabel kawat memungkinkan seseorang untuk membatalkan gangguan dalam kawat kedua. Kategori 5e memiliki konstruksi dasar yang sama seperti CAT5, tapi dengan standar yang lebih tinggi di bidang manufaktur dan instalasi. Kategori 6 UTP berisi pemisah fisik antara empat pasang dipelintir untuk mengurangi interferensi elektromagnetik dan mengurangi kebisingan data. Kategori 6a memiliki konstruksi dasar yang sama seperti CAT6, tetapi dengan standar yang lebih tinggi di bidang manufaktur dan instalasi.

Pertimbangan

Pertimbangkan persyaratan data kecepatan jaringan Anda. Sistem Cat6a akan menyediakan kecepatan hingga 10 gigabit, tetapi dengan biaya 30 persen lebih dari sistem CAT5e sebanding. Secara umum, pemasangan kabel CAT5e sudah cukup jika perangkat jaringan (switch, backbone) hanya mendukung kecepatan data sebesar 1000 Mbps.

Bandwidth

Cat 5 kabel yang kompatibel dengan 10 dan 100 Mbps Ethernet dan berjalan pada kecepatan hingga 100 MHz, menurut Cableorganizer.com. Cat 6 kabel mendukung 10 Mbps, 100 Mbps dan 10 Gigabit Ethernet (10000 Mbps) dan beroperasi pada kecepatan hingga 250 MHz.

Crosstalk

Menurut Cableorganizer.com, Cat 6 kabel dibuat dengan pemisah memanjang yang memisahkan pasangan pair empat kawat tembaga di dalam kabel. Ini adalah pemisahan fisik antara pasangan di dalam kabel yang mengurangi crosstalk gangguan — antara kawat yang menyebabkan kesalahan transmisi. Cat 5 kabel juga memiliki empat pasang kawat tembaga twisted tetapi tidak memiliki pemisah antara pasangan.

Kesesuaian

Menurut Cat-5-Company.com kabel-, sementara Cat 6 kabel yang mampu kecepatan transmisi yang lebih tinggi, kecepatan jaringan dapat pergi hanya secepat komponen paling lambat. Hanya jika semua komponen dalam jaringan dinilai secepat kabel Cat 6, dapat jaringan benar-benar beroperasi pada kecepatan tersebut.

Karakter Cat5e

Cat5e adalah salah satu jenis kabel data UTP yang baru saja masuk dalam dunia jaringan. Kontruksi cat5e adalah karakter yang paling baru dari UTP. Tapi meskipun masih baru namun banyak pengguna yang lebih merasa nyaman. Karakter dari cat5e tersusun atas empat pasang kabel seperti jenis penyusun UTP lainnya. Bandwith rata-rata yang dihasilkan bisa mencapai 100Mbps. Tapi jika jaringan dibuat dengan kualitas yang lebih baik maka bandwith yang dihasilkan mencapai 1000Mbps. Instalasi jaringan dengan memakai cat5e sudah banyak dikenal dan banyak pemakai cat5 yang sudah mengganti menjadi cat5e.

Karakter Cat6

Cat6 adalah salah satu jenis kabel UTP dengan kelas yang paling tinggi diantara jenis kabel UTP lainnya. Cat6 memiliki bentuk yang hampir sama dengan cat5e. Cat6 memilik kekuatan lilitan kabel yang lebih rapat, dilengkapi dengan pelindung kabel, dan memiliki kualitas penyaluran data yang lebih cepat. Selain itu cat6 juga memiliki isolator kabel yang membuat kecepatan menjadi lebih baik. Cat6 dianggap memiliki kekuatan sinyal yang lebih bagus dibandingkan standar dari cat5e. Cat6 sangat sesuai untuk kebutuhan seperti bandwith hingga 1000Mbps dan Lan.
Kemampuan Kabel UTP Cat5e

Jenis kabel UTP yang masuk sebagai cat5e memiliki kemampuan yang sangat tinggi. Keunggulan dari jenis cat5e adalah memiliki kapasitas yang sangat baik dalam menampung nilai data dan mampu mengirimkan data dengan kecepatan yang maksimal. Kabel ini mampu menghasilkan kecepatan khusus hingga 350 Mhz atau sekitar 1 Gbit/s. Kemampuan lain yang dimiliki oleh cat5e adalah memiliki tingkat noise yang lebih kecil sehingga pengguna merasa lebih nyaman. Bahkan jika digunakan untuk mengirim data dalam ukuran yang besar maka waktu yang dibutuhkan juga akan menjadi lebh cepat. Dibandingkan dengan jenis cat5 maka cat5e memang lebih unggul.
Kemampuan Kabel UTP Cat6

Kabel UTP cat6 juga dikenal dengan nama cat6e. kabel UTP ini biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis kabel UTP cat5/cat5e. Keunggulan yang paling dirasakan oleh pemakai kabel UTP cat6 adalah memiliki waktu jarak pengiriman yang mendekati angka 0. Selain itu kabel ini juga mampu memberikan kecepatan pengiriman data dengan ukuran yang lebih besar. selain itu kabel cat6 juga bisa mencapai kemampuan maksimal dengan panjang 100 meter atau lebih. Sementara itu kemampuan maksimal ukuran data pengiriman dan penerimaan adalah sekitar 10Gbit/s.

Dengan mengenal perbedaan antara cat5e dan cat6 maka Anda bisa menentukan jenis kabel UTP yang akan digunakan untuk membangun jaringan. Semua kabel UTP memang memiliki kelebihan sesuai dengan kategori dan jaminan kemampuan.
Share this post :

+ comments + 3 comments

Post a Comment

 
Copyright © 2011. COMASTNET - All Rights Reserved